Yahoo membeli situs mikroblog Tumblr

Yahoo telah mengkonfirmasikan mereka membeli situs mikroblog Tumblr senilai US$1,1 miliar, atau setara Rp10,73 triliun


Kesepakatan itu diumumkan pertama kali oleh CEO Yahoo, Marissa Mayer, melalui sebuah post di Tumblr. Namun, aksi ini langsung menuai banyak kritik dan pertanyaan dari para pengguna Tumblr. Apa lagi yang ingin diperbuat Yahoo? Pasalnya, Yahoo punya catatan panjang "membunuh" perusahaan setelah mereka akuisisi--Geocities, Broadcast, dan terakhir Koprol, perusahaan startup buatan anak bangsa.

Menjawab kekhawatiran itu, Yahoo pun langsung angkat bicara. "Kami berjanji tidak akan mengacaukannya. Tumblr sangat spesial dan mempunyai sepak terjang yang luar biasa. Kami akan membiarkan Tumblr beroperasi secara independen. David Karp tetap menjadi CEO-nya," kata Mayer.

Sementara itu, Karp juga meyakinkan para penggunanya, bahwa etos inti situs Tumblr dan gayanya tidak akan berubah usai diakuisisi Yahoo.

"Tidak ada yang berubah, semua sesuai roadmap. Kami sangat senang mendapat dukungan dari Yahoo. Tumblr akan jadi lebih baik dan lebih cepat dengan banyaknya sumber daya yang kompeten dari aksi korporasi ini," ungkap Karp.

Kemahalan?

Aksi korporasi Yahoo ini merupakan langkah untuk membantu Yahoo kembali meraih kedigdayaan mereka sebagai raja Internet. Dengan akuisisi Tumblr, Yahoo berharap bisa menggaet anak muda dan siap bersaing mati-matian dengan Facebook dan Twitter.

Saat ini, Tumblr mempunyai 300 juta pengunjung unik tiap bulan, dan 120.000 pendaftar baru per hari, yang semuanya menyumbang 900 post per detik.

Sebagai perbandingan, Facebook kini mencatat memiliki 982 juta akun terdaftar, per 21 Mei 2013. Sedangkan, Twitter memiliki 500 juta lebih akun terdaftar, yang menghasilkan 350 juta tweet per hari.

Banderol US$1,1 miliar untuk Tumblr boleh dibilang harga premium yang nilainya cukup signifikan dibandingkan valuasi perusahaan itu sendiri, yang ditaksir US$800 juta, ketika terakhir kali perusahaan itu menerima kucuran dana segar dari investor swasta.

Pada 2012, pendapatan Tumblr hanya US$13 juta, setara Rp126 miliar, menurut Forbes. Angka ini yang membuat para analis menyatakan bahwa nilai akuisisi Tumblr terlalu mahal.

"Bahkan jika pendapatan perusahaan mencapai US$100 juta pun, itu masih sepersepuluh nilai akuisisi tersebut," ujar Colin Gillis, analis BGC Financial.

Selengkapnya,click yahoo beli situs Tumblr

No comments:

Post a Comment

biasakan meninggalkan jejak ya gan .... :)

 

THR3EC COES Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates - Modify c by thr3ec coes

DMCA.com
  • Kapanlagi.com